1. Home
  2. Docs
  3. License
  4. Quickstart
  5. Login dan Basic Setting WHM

Login dan Basic Setting WHM

Halo Sob! Jagoan Hosting akan berbagi pada kamu untuk Setup basic dari cPanel dan WHM kamu ya Sob! Simak panduannya berikut ini.

 

Login WHM

Untuk melakukan login ke WHM, kamu perlu melihat informasi password WHM mu pada email informasi login yang dikirimkan ke email mu

 

STEP 1 :

Gunakan http://ipvps/whm atau https://ipvps:2087 Misal login ke http://101.101.101.101/whm atau bisa mengunakan link https://101.101.101.101:2087 jika menggunakan SSL


STEP 2 :

Tampilan ketika sudah masuk pada WHM

Basic Setting WHM

STEP 1 :

Login WHM kamu dan kemudian cari menu basic config


STEP 2 :

Kedua pastikan nameserver yang kamu pakai sesuai dengan domain yang kamu gunakan juga ya Sob!

Jika sudah sesuai nameserver kamu dapat digunakan dalam VPS ya Sob!


STEP 3 :

Masukkan nama Custom Nameserver (biasa di sebut Child NS) dengan menggunakan nama domain kamu sendiri, misalnya ns1.namadomain.com – ns3.namadomain.com seperti gambar diatas.


STEP 4 :

Kemudian masukkan IP server VPS mu sebagai IP dari Child NS yang akan dibuat dengan mengklik tombol “Configure Address Records” dan masukkan alamat IP yang seperti gambar berikut :

Dan klik configure untuk menyimpan settingannya. Setelah itu lakukan hal yang serupa untuk nameserver yang kedua dan seterusnya.


STEP 5 :

Dan konfigurasi Child NS ini harus dilakukan pada domain manager dari domain yang dibuat nameserver tersebut dengan konfigurasi yang sama seperti di servernya.

 

Setting Hostname Server

Untuk penamaan hostname server dianjurkan menggunakan format subdomain. Dan untuk nama hostname server tidak boleh digunakan menjadi sebuah akun hosting, karena secara sistem Cpanel/WHM tidak memperbolehkan.

 

STEP 1 :

Untuk mengubah nama hostname, silahkan menuju menu “Change Hostname”, dan pada menu tersebut akan memberikan sedikit penjelasan tentang anjuran penamaan hostname dan contoh-contoh nama hostname yang dapat digunakan.

Kemudian masukkan nama hostnamenya yang diinginkan dan klik change.

 

Was this article helpful to you? Yes No

How can we help?